Masih Banyak Malaikat Berseragam Polisi di Sekitar Kita

0

“Mereka itu pantas mendapat reward karena mereka lebih pantas jadi perwira daripada saya,” kata Irjen Wahyu.

Menyajikan Fakta, Melengkapi Informasi

JAKARTA – Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Irjen Pol Drs. Wahyu Widada, M.Phil optimis bahwa Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan maju. Karena masih banyak anggota polisi yang baik, yang sangat bermanfaat untuk masyarakat, bahkan mereka disebut sebagai malaikat berseragam polisi.

Hal itu disampaikan Irjen Wahyu dalam sebuah video yang ditayangkan beberapa akun milik kepolisian daerah, Kamis (15/12/2022). Dalam video tersebut, mantan Kapolda Gorontalo 2018 itu memperlihatkan beberapa tayangan aktivitas anggota polisi di daerah yang berbuat inspiratif dan apresiatif.

Ditayangkan sosok Kanit Binpolmas Satbinmas Polres Lamongan, Polda Jawa Timur Aipda Purnomo yang memiliki jiwa sosial dan kemanusiaan sangat tinggi. Polisi ini ikhlas merawat ODGJ dengan mendirikan Yayasan Sosial dan merawat ratusan ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa). Bahkan yang patut diacungi jempol, Aipda Purnomo menggunakan uang tunjangan operasional dari kepolisian untuk melakukan kegiatan sosial tersebut.

Dalam tayangan tersebut Purnomo menceritakan sekarang ini dirinya masih merawat 40 ODGJ terdiri dari 37 laki-laki dan 3 perempuan yang berasal dari berbagai wilayah. Mereka dari pinggir jalan, dari perkampungan yang semula meresahkan masyarakat karena telanjang, lecek, bau, bahkan melempar batu kepada warga yang ditemui. Akhirnya dengan kasih sayang para ODGJ itu dirawat dan sampai saat ini sejumlah 174 pasiennya sudah sembuh total.

“Kita dari pihak Kepolisian kalau memang bisa membantu masyarakat kenapa tidak? Kalau bisa berbuat sekarang ya sudah, kita berbuat sekarang,” ucap Purnomo dalam video tersebut.

Dicontohkan lainnya, Polwan Ni Luh Putu Widyastuti yang membuka tempat belajar untuk anak-anak Suku Dayak. Meski bukan seorang guru, namun Polwan NI Luh mampu mengajari anak-anak buta aksara yang tinggal di pinggir laut.

Kemudian di Aceh, Bripka Julianto Pane (Syekh Muda Hanaikan Pane) yang membuka pesantren bahkan kini juga membuka madrasah. Bripka Julianto Pane yang bertugas di Kanit Bintibmas pada Satbinmas Polres Gayo Lues, Aceh ini berhasil mendirikan sebuah pesantren yang kini berkembang pesat dan memiliki ratusan santri.

“Mereka itu pantas mendapat reward karena mereka lebih pantas jadi perwira daripada saya,” kata Irjen Wahyu.

Mantan Kapolda Aceh tahun 2020 itu menandaskan selayaknya anggota polisi yang seperti dicontohkan diangkat derajatnya, dinaikkan pangkatnya.

“Saya yakin dengan ketulusan, dengan niat yang baik. Kita yang di atas ini meneropong anggota-anggota kita yang betul-betul bisa memberi nilai-nilai positif untuk organisasi, bisa kita angkat derajatnya. Mari sama-sama kita sampaikan kepada masyarakat bahwa masih banyak anggota polisi yang berbuat kebaikan,” pungkas Irjen Pol Wahyu Widada. (Mak/mabes)

About The Author

Menyajikan Fakta, Melengkapi Informasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *