Nova Arianto: Jangan Sampai Sanksi FIFA Merugikan Timnas Indonesia

0

“Pastinya sanksi pasti ada tapi kami masih menunggu. Saya berharap sanksi yang diberikan tidak memberatkan Indonesia. Karena kalau sampai di banned pastinya akan merugikan Timnas Indonesia, insan sepak bola dan klub pastinya,” kata Nova Arianto.

Menyajikan Fakta, Melengkapi Informasi

Jakarta – Asisten Pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto, sangat berharap sanksi FIFA nanti tidak merugikan Tim Merah Putih. Sebab, Timnas Indonesia bertekad ingin tampil lebih baik lagi di bawah kepengurusan Erick Thohir.

Indonesia sedang menunggu sanksi dari FIFA. Ini setelah gagalnya Indonesia menggelar Piala Dunia U-20 2023 yang seharusnya dilaksanakan pada 20 Mei sampai 11 Juni mendatang.

FIFA sudah memastikan bahwa Indonesia akan mendapatkan sanksi. Adapun sanksi nya itu, belum diumumkan oleh Konfederasi Sepak Bola Dunia tersebut.

Sanksi dari FIFA sempat dirasakan Indonesia pada 2015. Saat itu, Indonesia disanksi setelah adanya intervensi dari pemerintah kepada PSSI.

Kini situasinya berbeda. Tidak ada intervensi dari pemerintah kepada PSSI. Melainkan gagalnya Indonesia menggulirkan turnamen sepak bola terbesar nomor dua dunia.

“Pastinya sanksi pasti ada tapi kami masih menunggu. Saya berharap sanksi yang diberikan tidak memberatkan Indonesia. Karena kalau sampai di banned pastinya akan merugikan Timnas Indonesia, insan sepak bola dan klub pastinya,” kata Nova Arianto.

Usai Indonesia gagal menjadi tuan rumah, kini Argentina berpeluang besar menggantikannya. Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) dilaporkan sudah mengirimkan proposal kepada FIFA untuk menggantikan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Jika benar nantinya Argentina yang terpilih, maka Timnas U-20 Indonesia tidak bisa tampil di Piala Dunia U-20 2023. Sebab, slot tersebut diambil Argentina karena Tim Tango tidak lolos ke Piala Dunia U-20 2033.

Perjuangan Argentina menuju Piala Dunia U-20 2023 lewat Kualifikasi Sudamericana U-19 2022 terhenti di babak penyisihan grup. Argentina bisa masuk dengan slot tuan rumah.

“Kemungkinan kami untuk tampil di Piala Dunia U-20 2023 itu sangat kecil. Karena dengan ditunjuknya Argentina menjadi tuan rumah, maka slot Indonesia akan diberikan ke mereka. Sebab mereka tidak lolos kualifikasi,” ucap Nova Arianto.

Mental para pemain Garuda Nusantara sedang turun dan diharapkan segera bangkit karena masih banyak event ke depan.

“Ya mental pemain sangat terpuruk selepas Indonesia gagal tampil di Piala Dunia U-20 2023 karena kerja keras mereka selama ini menjadi sia-sia,” tutup Nova Arianto.

Timnas U-20 Indonesia juga sudah dibubarkan usai Presiden RI Joko Widodo menghampiri skuad asuhan Shin Tae-yonh itu di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (1/4/2023). (sat)

About The Author

Menyajikan Fakta, Melengkapi Informasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *