Menduniakan Danau Toba Lewat Ajang Balap F1 Powerboat

0

Indonesia untuk pertama kali menjadi tuan rumah kejuaraan dunia balap perahu motor F1 Powerboat (F1H20) yang akan digelar di Danau Toba, Sumatra Utara pada 25-26 Februari 2023.

Menyajikan Fakta, Melengkapi Informasi

MEDAN – Indonesia untuk pertama kali menjadi tuan rumah kejuaraan dunia balap perahu motor F1 Powerboat (F1H20) yang akan digelar di Danau Toba, Sumatra Utara pada 25-26 Februari 2023.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, memperkirakan 25 ribu penonton akan menghadiri event olahraga air itu. Luhut mengharapkan kejuaraan dunia itu akan mempromosikan Danau Toba sebagai destinasi wisata ke mata dunia.

“F1 perkiraannya hampir 25 ribu penonton. Di Toba sana belum pernah terjadi. Venue-nya juga sangat cantik. Kita harus benar-benar menggelorakan ini dan membuat ini menjadi perhelatan yang dashyat,” kata Luhut di Jakarta, dikutip Jumat (3/2).

Menurut Luhut, perhelatan F1 Powerboat akan digelar secara rutin di Danau Toba selama lima tahun berturut-turut seperti World Superbike (WSBK) dan MotoGP di Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

“Makanya ini dibuat lima tahun sama seperti Mandalika. Jadi menjual ini terus ke dunia dan itu mempromosikan Indonesia. Bahwa kita mampu mengorganisasi perhelatan-perhelatan kelas dunia,” ucap dia.

Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo, mengatakan ajang F1 Powerboat di Danau Toba merupakan suatu upaya untuk memulihkan pariwisata Indonesia. Diprediksi jumlah wisatawan asing yang akan datang ke Tanah Air bisa melejit di tahun 2023.

“Kita harapkan tahun 2024 bisa mencapai 20 juta (kunjungan) wisatawan asing,” ujar Kartika.

Selain memberikan dampak peningkatan jumlah kunjungan wisatawan. Perhelatan F1 Powerboat di Danau Toba juga berdampak terhadap pendapatan ekonomi hingga 200 miliar rupiah.

“Diharapkan 25 ribu penonton bisa hadir dan berharap dampak ekonomi bisa diraih mencapai di atas 200 miliar rupiah, baik kepada sistem pariwisata lokal dan sebagainya,” imbuh dia.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menjelaskan Danau Toba akan menjadi tempat yang menggelar seri pertama F1 Powerboat untuk musim 2023. Nantinya, 20 pembalap top dunia akan hadir dalam ajang kejuaraan dunia setara balap Formula 1 tersebut.

“Kelasnya sama dengan F1 yang darat, tapi ini yang air. Persis dengan Moto GP di Mandalika kira-kira satu kelas. Kita harus berbangga karena menjadi salah satu pilihan dari federasi internasional pelaksana ini,” tutur dia.

Danau Toba merupakan salah satu destinasi super prioritas di Tanah Air. Danau vulkanis terbesar di dunia itu dikelilingi delapan kabupaten. (sat)

About The Author

Menyajikan Fakta, Melengkapi Informasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *