Shin Tae-yong Pastikan Justin Hubner Tetap Ingin Jadi WNI

0

“Jadi walaupun dipanggil Belanda, tidak masalah. Yang penting kami tetap melanjutkan proses naturalisasi. Saya percaya dia akan datang ke Timnas Indonesia,” kata Shin Tae-yong.

Menyajikan Fakta, Melengkapi Informasi

Jakarta – Pelatih timnas U-20 Indonesia, Shin Tae-yong, memastikan bahwa Justin Hubner tetap ingin menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Hal ini dikatakan Shin Tae-yong usah menghubungi secara langsung Hubner melalui sambungan telepon.

Shin Tae-yong hanya memastikan apakah Hubner masih bersedia menjadi WNI dan membela timnas U-20 Indonesia di Piala Dunia U-20 2023. Pelatih asal Korea Selatan itu lega dengan jawaban dari pemain berdarah Belanda dan Indonesia itu.

Polemik proses naturalisasi Hubner cukup panjang. Hubner sebelumnya sudah bersedia untuk menjadi WNI dan datang langsung ke Indonesia untuk menjalani beberapa proses naturalisasi.

Setelah itu ia kembali lagi ke Inggris untuk memperkuat Wolves U-21. Proses naturalisasi Hubner sudah ditandatangani Presiden RI Joko Widodo dan berkas tersebut kini ada di DPR RI.

Sayangnya waktu itu DPR RI sedang masa reses sehingga proses naturalisasi agak lambat. Namun akhirnya Komisi III dan Komisi X DPR RI menyetujui proses naturalisasi Hubner bersama Ivar Jenner dan Rafael Struick.

Di sisi lain, Hubner juga mendapatkan panggilan untuk membela timnas U-20 Belanda dalam laga uji coba melawan Prancis U-20 pada 25 Maret 2023. Kabar ini semakin panas karena diyakini Hubner akan memilih Belanda ketimbang Indonesia.

“Bisa terjadi masalah seperti ini karena proses naturalisasi kurang tepat. Tapi saya sudah telepon lansung Hubner dua hari yang lalu. Dia masih niat dan mau menjadi WNI,” kata Shin Tae-yong.

Pelatih berusia 53 tahun itu tidak mempermasalahkan pemanggilan Hubner ke Timnas U-20 Belanda. Menurutnya semua pesepakbola bisa seperti itu. Terlebih Hubner punya darah Belanda.

Hubner juga sering membela timnas U-17 Belanda. Pemain berusia 19 tahun itu sangat potensial dan memiliki peluang untuk membela Belanda.

Hubner juga sudah memilih untuk tetap bersama timnas U-20 Belanda yang akan uji coba melawan Prancis U-20. Ia pun tidak datang dalam pemusatan latihan timnas U-20 Indonesia di Jakarta pada 20-31 Maret ini.

“Jadi walaupun dipanggil Belanda, tidak masalah. Yang penting kami tetap melanjutkan proses naturalisasi. Saya percaya dia akan datang ke Timnas Indonesia,” kata Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong berharap Hubner bisa datang saat timnas U-20 Indonesia jalani latihan di Korea Selatan. Rencananya latihan itu digelar pada 1-20 April 2023.(mak)

About The Author

Menyajikan Fakta, Melengkapi Informasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *