64 Tahun, Akhirnya Timnas Basket Putri Ukir Sejarah Rebut Emas

0

Medali emas yang direbut juga istimewa. Sebab, selama event Timnas Putri tidak tersentuh kekalahan. Lawan dari enam negara bergantian dilibas.

Menyajikan Fakta, Melengkapi Informasi

PHNOM PENH – Amazing! Untuk kali pertama dalam sejarah pelaksanaan SEA Games pada 1959, Timnas Bolabasket Putri Indonesia persembahkan medali emas. Sejarah itu terjadi di SEA Games 2023 Kamboja. Selama ini, bolabasket sektor putri tiga perak dan tiga perunggu.

Medali emas yang direbut juga istimewa. Sebab, selama event Timnas Putri tidak tersentuh kekalahan. Lawan dari enam negara bergantian dilibas.

Mulai mengalahkan Vietnam 67-62, melibas Thailand 69-70, menaklukkan Malaysia 85-57. Selanjutnya menghancurkan Filipina 68-89, menghajar Kamboja 100-54, dan terakhir menumbangkan Singapura 39-86.

“PERBASI sudah bertahun-tahun membuktikan seperti ini. Bahwa PERBASI memiliki manajemen profesional dan transparan. Bahkan PERBASI sejak awal, keras dalam menghukum para pemain kalau ada mengatur, match fixing. Itulah bagaimana menciptakan liga yang baik. Sakit sama PERBASI yang bekerja konssiten dan fokus,” jelas FIBA Central Board Member Erick Thohir.

“Ini sejarah yang luar biasa untuk bolabasket putri Indonesia. Anda adalah pahlawan bangsa. Terima kasih, terima kasih, terima kasih. Selamat untuk PERBASI,” lanjutnya

Erick Thohir yang juga Mentri BUMN itu hadir menyaksikan perjuangan sekaligus semangati Timnas Putri dati tribun. Tampak mendampingi pengurus PP PERBASI di antaranya Ketum Danny Kosasih, Sekjen Nirmala Dewi, dan Penanggung Jawab Timnas Putri Christopher Tanuwidjaja beserta istri.

Usai memastikan perolehan emas dengan sempurna, para pemain bersorak kegirangan. Mereka merayakan di pinggir lapangan. Selain itu mereka kemudian larut dalam euforia di dalam ruang ganti pemain.

Para pemain pesta dengan menyiramkan sampanye. Botol dipegang Kimberley Pierre Louis diguyurkan ke muka Christopher Tanuwidjaja. Semua ceria. Bersorak dan mendendangkan lagu “We are the Champion” yang dipopulerkan grup musik asal Britania Raya, Queen. Selanjutnya sampanye yang masih sisa diminum bergantian.

“Saya speachless. Bangga. 64 tahun kita nunggu emas untuk basket putri sejak SEA Games pertama kali dilaksanakan pada 1959. Saya takjub dengan perjuangan teman-teman,” ungkap Christopher.

Dari pemain, Annabel Karen mengaku senang dengan capaian ini. Menurutnya, kesuksesan ini tak lepas dari kerja sama antarpemain dan menjalankan instruksi pelatih dengan memperkuat defense.

“Kami senang. Kunci sukses kami melawan Singapura maupun tim-tim sebelumnya, kami main lepas dan fokus pada defense,” jelas Annabel Karen

Sekjen PP PERBASI Nirmala Dewi mengapresiasi keberhasilan Timnas Putri meraih emas untuk kali pertama di SEA Games. “Selamat Timnas Putri. Pengorbanan selama TC hampir setahun membuat hasil maksimal. Enam kemenangan, Clean sheet, yang berujung emas,” terang Nirmala.

Sementara itu, Ketum PP PERBASI Danny Kosasih menjelaskan, federasi sudah berusaha mendukung atmosfer bolabasket putri di Indonesia. Sayangnya, program memutar kompetisi khusus putri tidak disambut baik.

“Kami sudah mengedarkan surat dua bulan lalu. Rencana memutar kompetisi. Tapi yang menjawab hanya satu tim dari Surabaya. Jadi lalu ada yang tanya kenapa Perbasi tidak mau mengadakan ya? Saya bingung menjawabnya. Gak ada peserta dengan gak mau itu harus dibedakan. Ketika gak ada klub yang sanggup ikut liga, saya bersama Pak Christopher memutuskan lebih baik TC jangka panjang,” ujar Danny.(sat)

Capaian Medali Timnas Putri selama SEA Games
1991 Quezon City silver
1997 Jakarta Bronze
2015 Singapura silver
2017 Kuala Lumpur Bronze
2019 Filipina Bronze
2021 Hanoi silver
2023 Kamboja Emas

About The Author

Menyajikan Fakta, Melengkapi Informasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *