Duel Messi dan Mbappe Merebut Penghargaan Terbaik FIFA

0

Badan sepak bola dunia (FIFA), mengumumkan pada Kamis (12/1), bahwa Lionel Messi dan Kylian Mbappe termasuk di antara kandidat peraih penghargaan pemain terbaik FIFA 2002 setelah penampilan gemilang mereka di ajang Piala Dunia.

Menyajikan Fakta, Melengkapi Informasi

PARIS – Badan sepak bola dunia (FIFA), mengumumkan pada Kamis (12/1), bahwa Lionel Messi dan Kylian Mbappe termasuk di antara kandidat peraih penghargaan pemain terbaik FIFA 2002 setelah penampilan gemilang mereka di ajang Piala Dunia.

Messi, yang pernah memenangkan penghargaan itu sebelumnya, memimpin tim Argentina dalam meraih gelar juara Piala Dunia di Qatar. Kemenangan tersebut menambah pesar peluangnya untuk dapat memenangkan Ballon d’Or kedelapan.

Selain Mbappe yang mencetak hat-trick di final Piala Dunia, dua pemain klub Paris Saint-Germain (PSG) lainnya juga masuk dalam nominasi tersebut, yaitu Neymar dari Brasil dan Achraf Hakimi dari Maroko.

Pemain tim nasional Prancis Karim Benzema, yang memenangkan Ballon d’Or pada tahun lalu atas penampilannya bersama Real Madrid, juga dinominasikan. Demikian pula Robert Lewandowski dari Polandia, pemenang penghargaan FIFA dalam dua tahun terakhir.

Dalam daftar nominasi tersebut terdapat sejumlah pesepak bola papan atas lainnya, seperti Julian Alvarez dari Manchester City, Kevin De Bruyne dan Erling Haaland; pasangan Real Madrid Luka Modric dan Vinicius Junior; Mohamed Salah, Sadio Mane dan Jude Bellingham.

Alexia Putellas dinominasikan untuk meraih penghargaan atlet perempuan meski absen selama enam bulan terakhir karena cedera.

Gelandang Barcelona dan Spanyol memenangkan penghargaan tahun lalu dan mempertahankan Ballon d’Or pada bulan Oktober.

Pemungutan suara publik, yang dibuka hingga 3 Februari, akan menentukan tiga finalis di setiap kategori. Pemenang kemudian dipilih oleh juri yang terdiri dari pelatih dan kapten tim nasional serta jurnalis dan penggemar.

Perjalanan Paris Saint-Germain ke Rennes pada Minggu (15/1) akan menjadi pertama kalinya bagi tiga pemain depan superstar mereka Lionel Messi, Kylian Mbappe dan Neymar untuk bermain bersama sejak laga Piala Dunia.

Mbappe kembali berlatih pada Kamis (12/1) setelah diberi libur 10 hari setelah kembali dari Qatar dan bermain di dua pertandingan pertama PSG setelah turnamen.

Dia terbang ke New York untuk istirahat dan tidak terlihat saat Messi kembali, dan mencetak gol, dalam kemenangan 2-0 untuk pemimpin Ligue 1 melawan Angers pada Rabu (11/1).

Piala Dunia adalah faktor motivasi yang jelas dalam performa luar biasa ketiganya selama bulan-bulan awal musim, dan bagaimana mereka bermain bersama akan menjadi sangat penting dalam menentukan bagaimana sisa musim ini untuk PSG.

Mereka unggul enam poin dari Lens sebelum menyelesaikan paruh pertama musim di Rennes, tetapi Liga Champions adalah tujuan utama mereka.

Setelah gagal memimpin grup, tim asuhan Christophe Galtier tersebut akan berhadapan dengan Bayern Munich di babak 16 besar, dengan leg pertama diadakan di markasnya pada 14 Februari.

Galtier menggambarkan Messi, yang berusia 35 tahun, berada dalam kondisi “santai dan dalam kondisi fisik yang sangat baik” setelah pertandingan pertamanya sejak memimpin Argentina meraih kemenangan dalam drama adu penalti atas timnas Prancis di final Piala Dunia 2022.

Pertanyaannya sekarang adalah seberapa besar motivasi yang dimiliki mantan bintang Barcelona itu setelah kemenangan yang menentukan karier itu.

PSG ingin memperpanjang kontraknya di Ibu Kota Prancis menjadi musim ketiga dan tujuan terbesar Messi sekarang adalah memenangkan Liga Champions untuk pertama kalinya sejak 2015.

Dipicu oleh kekalahan di final Piala Dunia meski mencetak hat-trick, juara dunia 2018 Mbappe akan sangat menggebu ingin mendapatkan trofi Liga Champions untuk pertama kalinya. (mak/afp)

About The Author

Menyajikan Fakta, Melengkapi Informasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *