Gubernur DKI Jakarta, Pramono Anung, meninjau salah satu stan brand lokal yang menampilkan koleksi fesyen dan sneakers dalam ajang Urban Sneaker Society (USS) Jakarta 2025 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Jumat (7/11). (Foto: Dok. Pemprov DKI Jakarta)TODAYNEWS.ID – Gubernur DKI Jakarta, Pramono Anung, membuka ajang Urban Sneaker Society (USS) Jakarta 2025 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Jumat (7/11). Dalam sambutannya, Gubernur Pramono menegaskan komitmennya dalam mendukung ekosistem ekonomi kreatif melalui penyediaan ruang publik dan dorongan kolaborasi antara pelaku usaha, komunitas, dan pemerintah.
“Saya mengharapkan kepada USS untuk terus berkolaborasi dengan Pemprov DKI Jakarta. Kami sangat terbuka dan akan memberikan kemudahan. Sekarang ini saya mendorong hampir semua event di Jakarta, seperti lari, musik, dan acara seperti ini pemerintah harus hadir, bukan mempersulit,” tegas Gubernur Pramono.
Ia menambahkan, kemudahan perizinan dan dukungan lintas sektor menjadi kunci terselenggaranya berbagai kegiatan publik yang membawa manfaat ekonomi dan sosial bagi masyarakat. Gubernur Pramono berharap ajang Urban Sneaker Society 2025 ini mampu menarik banyak pengunjung sehingga dapat berkontribusi terhadap pergerakan ekonomi di Jakarta.
“Saya mendoakan mudah-mudahan acara ini dihadiri lebih dari 45 ribu orang dan yang saya surprise ternyata dari tadi malam sudah banyak yang mengantre. Ini merupakan tanda-tanda baik dan mudah-mudahan ini membawa kebaikan bagi kita semua,” jelasnya.
Sementara itu, CEO USS Network, Sayid Muhammad, menyampaikan bahwa tahun ini Urban Sneaker Society memasuki edisi ke-8 dan terus bertransformasi menjadi ajang terbesar bagi pelaku industri kreatif lokal di bidang fesyen, lifestyle, dan aksesoris.
“Tahun ini terdapat sekitar 320 tenant dan 80 persen di antaranya merupakan brand lokal. Kami ingin menunjukkan bahwa brand lokal mampu sejajar dengan brand internasional,” ujar Sayid.
Ia juga menjelaskan, sejumlah brand lokal telah berkolaborasi dengan desainer dan merek luar negeri asal Jepang, Amerika, Singapura, dan Malaysia. Menurutnya, hal ini menjadi bukti nyata bahwa produk lokal kini mampu menarik perhatian di tingkat internasional.
“Acara ini alhamdulillah sudah bisa menjadi event global, karena banyak peserta yang bukan hanya dari Jakarta, tapi luar kota, Bandung, Surabaya, Yogya, Medan, bahkan dari South East Asia, dari Singapura, Malaysia,” tambahnya.
Urban Sneaker Society 2025 diselenggarakan pada 7–9 November 2025 dengan mengusung tema “The name got shorter, the vision got bigger.” Acara ini menampilkan beragam brand dari berbagai kategori, mulai dari fashion, home living, sport, toys & hobbies, hingga food & beverage, menjadikannya salah satu event lifestyle terbesar di Asia Tenggara.