TODAYNEWS.ID – PDAM Tirta Moedal berupaya mendongkrak kepatuhan pelanggan dalam membayar tagihan air melalui berbagai cara.
Direktur Umum PDAM Tirta Moedal, Muhammad Indra Gunawan mengatakan salah satu cara untuk meningkatkan kepatuhan membayar para pelanggan adalah dengan memberikan apresiasi melalui undian berhadiah yang diselenggarakan enam bulan sekali.
“Pengundian hadiah untuk pelanggan yang tertib bayar ini jadi salah satu cara untuk mendongkrak kepatuhan agar pelanggan tertib bayar,” ujar Indra usai acara pengundian di kantor PDAM Tirta Moedal, Rabu (7/5/2025).
Pengundian ini diikuti 38.181 pelanggan yang merupakan pelanggan yang tertib membayar tagihan air pada rentang waktu tanggal 1 – 10 di tiap bulannya secara konsisten.
“Ada beberapa kriteria pertama rutin, tidak terputus selama enam bulan pembayaran mulai tanggal 1-10 tiap bulannya,” jelasnya.
Diakui Indra, hingga saat ini baru sekitar 25 persen pelanggan yang tertib membayar dari total sekitar 200 ribu pelanggan PDAM.
“Ini menjadi salah satu strategi yang dilakukan managemen untuk mendongkrak agar pelanggan bisa membayar tepat waktu atau tertib. Tapi ini sudah selalu ada peningkatan yang tertib bayar,” terangnya.
Selain itu, lanjutnya, upaya mendongkrak kepatuhan tersebut juga dilakukan dengan meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan.
Bahkan pihaknya juga memberikan diskon untuk pelanggan yang akan menyambung baru dengan harga Rp550.000.
Kepala Bagian Humas PDAM Tirta Moedal, Mayang Charisma menambahkan pengundian terhadap pelanggan yang tertib membayar ini dilakukan dua kali dalam setahun.
Dengan pengundian ini selain bisa mendongkrak tingkat kepatuhan juga untuk mendorong masyarakat Kota Semarang beralih ke air PDAM dan tidak lagi menggunakan air tanah.
“Kedepan, seluruh pelanggan untuk beralih menggunakan air PDAM karena air produksi kita aman, sehat dan ramah lingkungan. Kita jaga keberlanjutan kota semarang yang memang saat ini memprihatinkan untuk penurunan air tanah sudah hampir 10 cm per tahun jadi kita diharapkan bisa menjaga bersama-sama dan beralih dari air tanah menggunakan air PDAM,” papar Mayang.
Apalagi, lanjut Mayang, saat ini PDAM Tirta Moedal juga membuka layanan call center 24 jam untuk pengaduan hingga menggunakan aplikasi si agan untuk mempermudah warga dalam pengaduan, sambung baru dan lainnya.
“Harapannya layanan akan terus bertambah lagi apalagi kita sudah 24 jam di 80 persen sambungan wilayah pelayanan,” terangnya.