Tim Indonesia meluncurkan jersey atlet SEA Games Thailand 2025, Senin (1/12/2025). (Dok. NOC Indonesia)TODAYNEWS.ID — Tim Indonesia resmi meluncurkan jersey atlet untuk SEA Games Thailand 2025. Seragam baru ini menonjolkan kekayaan budaya dan keindahan alam Nusantara.
Acara peluncuran dilakukan di Terminal 1C Bandara Soekarno-Hatta pada Senin (1/12/2025). Jersey ini diproduksi oleh Mills dengan desain kolaborasi desainer Sarinah dan kurasi Didit Hediprasetyo Foundation.
Didit Hediprasetyo menjelaskan bahwa konsep desain terinspirasi dari ukiran kriya Toraja. Ia menilai unsur tersebut menjadi simbol warisan bangsa yang abadi.
“Jersey ini terinspirasi oleh keaslian tradisi kita yang berpadu dengan keindahan ragam alam Indonesia,” ujar Didit Hediprasetyo dalam keterangan tertulisnya. Dua elemen itu disebutnya membentuk karakter visual Indonesia hari ini.
Selain merah dan putih sebagai warna utama, koleksi ini menampilkan palet hijau bumi. Warna tersebut merepresentasikan kesuburan tropis dari Sabang sampai Merauke.
Sentuhan karya seniman Yogyakarta Labadiou Piko memberi kesan artistik lebih kuat. Ia menambahkan goresan kuas dinamis merah-putih yang menggambarkan energi juang tanpa henti.
Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari menyambut baik kolaborasi ini. Ia menilai kerja sama lintas sektor tersebut menunjukkan komitmen nasional terhadap prestasi olahraga.
“Kami Komite Olimpiade Indonesia berterima kasih atas kolaborasi dari semua insan, masyarakat di Indonesia,” ujar Okto. Ia menyebut peran seniman dan pekerja budaya sebagai elemen penting.
Okto juga menegaskan bahwa kolaborasi ini menjadi bentuk dukungan konkret bagi atlet Indonesia. Kreativitas dalam desain disebutnya hadir untuk pertama kali dalam bentuk yang luar biasa.
Sebagai bentuk solidaritas, KOI dan Tim Indonesia bersama Sarinah, Mills, serta Didit Hediprasetyo Foundation akan menyumbangkan sebagian hasil penjualan jersey. Donasi ditujukan bagi korban terdampak banjir di Pulau Sumatera.
“Kami semua sudah berkomitmen karena kita melaksanakan kegiatan ini di tengah-tengah kedukaan yang terjadi di Indonesia maupun di Thailand,” imbuh Okto. Ia memastikan beberapa persen hasil penjualan akan dialokasikan untuk bantuan sosial.
CEO Mills, Tjia Kong Hau, menjelaskan bahwa koleksi ini dirancang dengan teknologi material terbaru. Ia menyebut desainnya merupakan hasil kolaborasi yang memadukan unsur tradisional dan modern.
“Memang di desain kali ini buah dari kolaborasi yang luar biasa,” ujar Ahau. Ia mengatakan Mills menggunakan tiga jenis material berbeda yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap cabang olahraga.
Peluncuran ini juga memperkenalkan tema besar “Spirit of The Nation”. Tema tersebut merefleksikan optimisme dan tekad atlet Indonesia menjaga kehormatan Merah Putih di panggung internasional.