Timnas Indonesia Bermaterikan Skuad Termuda di Piala Asia 2023, Ini Alasan Shin Tae-yong

0

DOHA – Timnas Indonesia bisa dibilang menjadi skuad dengan materi pemain muda paling banyak di Piala Asia 2023. Bahkan, tim berjuluk Skuad Garuda itu diberikan predikat sebagai tim termuda di turnamen sepak bola paling bergengsi antarnegara Benua Kuning edisi ke-18.

Mengutip Footy Rankings, rata-rata usia pemain Timnas Indonesia adalah 24,33 tahun. Angka ini berselisih tipis dengan Tajikistan (24,62 tahun) dan Kirgistan (24,99 tahun).

Kemudian ada sembilan pemain berusia 20 sampai 23 tahun. Mereka antara lain Elkan Baggott (21 tahun), Rizky Ridho (22), Witan Sulaeman (22), Egy Maulana Vikri (23), Rafael Struick (20), Pratama Arhan (22), Ramadhan Sananta (21), Ernando Ari Sutaryadi (21) dan Justin Hubner (20).

Sementara itu, status pemain tertua di Tim Merah-Putih dipegang oleh Jordi Amat. Pemain Johor Darul Ta’zim (JDT) tersebut saat ini berusia 31 tahun.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengatakan keputusannya membawa mayoritas pemain muda ke Piala Asia demi masa depan sepak bola Tanah Air. Shin Tae-yong berharap para pemain tersebut menjadi generasi emas.

Sosok asal Korea Selatan itu memang dikenal sebagai pelatih yang sangat percaya dengan kemampuan pemain-pemain muda. Ia bahkan dianggap memotong satu generasi tim nasional.

Saat Piala AFF 2020, yang merupakan turnamen pertama Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia, dia membawa enam pemain di bawah usia 21 tahun. Keenam pemain tersebut adalah Ernando Ari Sutaryadi, Elkan Baggott, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan dan Witan Sulaeman.

“Memang secara keseluruhan kami sudah melakukan regenerasi, jadi saya yakin sepak bola Indonesia pasti bisa berkembang jika kami bisa berprestasi di Piala Asia ini dengan pemain-pemain muda,” kata Shin Tae-yong.

Dengan skuad muda ini, Shin Tae-yong akan berusaha keras meraih prestasi terbaik di Piala Asia 2023. Ia yakin dengan memberikan kesempatan tampil di turnamen sekelas Piala Asia, kemampuan serta mental para pemain muda di Skuad Garuda akan semakin terbentuk dengan baik.

“Saya juga akan berusaha semaksimal mungkin mengembangkan dan membuat prestasi dengan pemain-pemain muda ini,” tutur pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut.

Pada Piala Asia 2023, Timnas Indonesia tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak dan Vietnam. Irak jadi lawan perdana Tim Merah-Putih pada 15 Januari 2024, kemudian bertemu Vietnam di laga kedua (19/1/24) dan terakhir melawan Jepang (24/1/24). (mzh)

About The Author

Menyajikan Fakta, Melengkapi Informasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *