TODAYNEWS.ID – PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) resmi menggelar Apel Siaga Operasional Idul Fitri 1446H/2025 sebagai wujud komitmen memberikan layanan prima kepada seluruh pengguna jalan tol selama libur Lebaran 2025.
Acara yang berlangsung di Halaman Kantor PT JSB pada hari Jumat (21/3/2025) dan dipimpin langsung oleh Direktur Utama PT JSB Nasrullah, didampingi jajaran Direksi serta para Karyawan PT JSB dan Service Provider PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO), PT Jasamarga Tollroad Maintenance (JMTM) dan PT Jasamarga Related Business (JMRB) yang tergabung dalam Tim Satgas Jasa Marga Siaga Idul Fitri 1446H/2025.
Acara ini dimulai dengan Apel Siaga dan dilanjutkan pengecekan armada operasional sebagai tanda kesiapan menyambut Lebaran.
Direktur Utama PT JSB, Nasrullah menyampaikan dalam upaya memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jalan tol khususnya yang melintasi Ruas Tol Batang-Semarang tahun ini, PT JSB mengantisipasi terjadinya peningkatan volume lalu lintas yang melewati Ruas Tol Batang-Semarang.
Ia menyebut ada beberapa aspek yang menjadi perhatian antara lain:
1. Memastikan kesiapan pelayanan operasi di gerbang tol, rest area di sepanjang ruas tol Ruas Batang-Semarang termasuk kondisi jalan, keberfungsian drainase, sarana prasarana serta pemenuhan substansi standar pelayanan minimal.
2. Memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan dengan melakukan pemantauan dan pengendalian pada titik-titik rawan kecelakaan, memitigasi risiko genangan dan longsor serta meningkatkan perhatian pada lokasi yang berpotensi mengalami kepadatan lalu lintas.
3. Menyiapkan strategi antisipasi dan penanganan kondisi darurat terkait kondisi lalu lintas di lajur maupun lalu lintas transaksi di gerbang tol bila terjadi kepadatan antrian baik di pintu masuk (entrance) maupun di pintu keluar (exit).
4. Menyiapkan sumber daya baik personil maupun armada serta sarana pendukung lainnya dalam melakukan pemantauan arus lalu lintas maupun pelayanan transaksi di gerbang tol serta personil gerak cepat dalam membantu penanganan kondisi darurat.
5. Mengendalikan kepadatan di rest area dengan memperhatikan kapasitas dan daya tampung pengunjung, memastikan kebersihannya serta menyediakan fasilitas layanan yang memadai khususnya terkait kebutuhan BBM, peturasan, tempat ibadah, tempat parkir, dan pujasera.
Disamping aspek tersebut, lanjutnya, perlu diperhatikan pada saat ini dalam memasuki musim hujan dan cuaca yang tidak menentu, serta banyak bencana yang akhir akhir ini sehingga perlu adanya peningkatan kesiapan dan kewaspadaan dalam mengantisipasi berbagai resiko dan dinamika lapangan.
“Termasuk upaya penanganannya serta meningkatkan kesiagaan dan memberikan kinerja terbaiknya, serta konsisten menerapkan core value AKHLAK dalam seluruh aktivitas kerja kami sehari-hari,” kata Nasrullah.
Upaya tersebut dilakukan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pemakai jalan agar pelaksanaan perjalanan pada periode Libur Hari Raya Idul Fitri 1446H/2025 ini dapat berjalan lancar, aman, dan nyaman.
Selama periode libur Lebaran 2025, PT JSB mengimbau pengguna jalan untuk mempersiapkan perjalanan dengan matang. Pastikan kendaraan dalam kondisi prima, BBM terisi penuh, saldo kartu uang elektronik mencukupi, serta perbekalan memadai. Selain itu, pengguna jalan disarankan untuk mengunduh aplikasi Travoy guna mendapatkan informasi lalu lintas terkini serta lokasi rest area di jalan tol Jasa Marga Group.
“Kolaborasi antara seluruh tim operasional dan dukungan berbagai stakeholder diharapkan bisa memberikan pelayanan terbaik dan mendukung keselamatan serta kenyamanan perjalanan masyarakat saat libur Lebaran 2025,”pungkasnya.
118 Total Count