x

Musim Liburan Sekolah, Ribuan Warga Pilih Kereta Api di Wilayah Daop 8 Surabaya

waktu baca 2 menit
Kamis, 26 Jun 2025 20:04 112 Pramitha

TODAYNEWS.ID – Musim libur sekolah dimanfaatkan puluhan ribu warga untuk bepergian menggunakan moda transportasi kereta api. Tercatat, pada Kamis (26/6/2025), sebanyak 47.230 pelanggan naik dan turun di stasiun-stasiun wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, menyampaikan bahwa dari jumlah tersebut, 25.402 pelanggan tercatat naik kereta api dan 21.828 pelanggan turun di berbagai stasiun yang dikelola Daop 8.

“Stasiun Surabaya Gubeng masih menjadi favorit penumpang. Hari ini saja, jumlah pelanggan yang naik dari stasiun tersebut mencapai 8.672 orang, sementara yang turun sebanyak 6.035 orang,” ujar Luqman.

Menurutnya, sejumlah kota besar masih menjadi tujuan utama pelanggan, seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Ketapang. Kereta jarak jauh yang paling diminati antara lain KA Airlangga, KA Pasundan, KA Probowangi, dan KA Malabar.

Selama periode libur panjang akhir Juni 2025, Daop 8 Surabaya mengoperasikan 58 perjalanan kereta jarak jauh setiap harinya. Rinciannya, 52 kereta reguler dan 6 kereta tambahan, dengan total kapasitas hingga 29.200 tempat duduk per hari.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, berikut daftar kereta tambahan yang dioperasikan oleh KAI Daop 8 Surabaya:

1. **KA Sancaka (87F)**
Relasi: Surabaya Gubeng – Yogyakarta
Operasi: 19–22 Juni dan 26–29 Juni 2025

2. **KA Argo Anjasmoro (29F)**
Relasi: Surabaya Pasarturi – Gambir
Operasi: 20–30 Juni 2025

3. **KA Mutiara Timur (211F)**
Relasi: Surabaya Gubeng – Ketapang (PP)
Operasi: 26–29 Juni 2025

4. **KA Gajayana Tambahan (PLB 7001A)**
Relasi: Malang – Gambir (PP)
Operasi: 19–22 Juni dan 26–30 Juni 2025

5. **KA Arjuno Ekspres (66F)**
Relasi: Malang – Surabaya Gubeng
Operasi: 20–23 Juni dan 26–30 Juni 2025

6. **KA Arjuno Ekspres (65F)**
Relasi: Surabaya Gubeng – Malang
Operasi: 20–23 Juni dan 26–30 Juni 2025

Luqman juga mengingatkan calon penumpang untuk membeli tiket melalui saluran resmi, seperti aplikasi Access by KAI, situs kai.id, maupun mitra penjualan resmi lainnya guna menghindari risiko penipuan.

“Kami berkomitmen memberikan layanan terbaik. Semoga masyarakat dapat menikmati perjalanan yang aman, nyaman, dan menyenangkan bersama KAI,” pungkasnya.

Post Views113 Total Count

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pilkada & Pilpres

INSTAGRAM

12 hours ago
12 hours ago
21 hours ago
23 hours ago

LAINNYA
x