TODAYNEWS.ID – KAI Daop 4 Semarang mencatat sebanyak 637.060 penumpang telah diberangkatkan sepanjang bulan Juli 2025. Jumlah tersebut meningkat 16,5% dari tahun sebelumnya yaitu 2024 yang mencatat volume total sebanyak 546.818 penumpang.
Jumlah total volume penumpang yang diberangkatkan KAI Daop 4 tersebut terdiri dari 555.997 penumpang Kereta Api Jarak Jauh dan 81.063 penumpang Kereta Api Lokal.
KAI Daop 4 juga mencatat kenaikan jumlah penumpang untuk masing-masing KA jarak jauh dan lokal. Untuk KA jarak jauh meningkat 11,8% dibanding 2024 yang mencatat volume sebanyak 497.254 penumpang. Adapun untuk KA lokal meningkat cukup signifikan yaitu sebanyak 63,5% dimana pada 2024 mencatat volume sebanyak 49.564 penumpang.
Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo mengatakan capaian volume penumpang selama Juli 2025 menunjukkan peran penting transportasi kereta api dalam mendukung mobilitas masyarakat, khususnya selama periode libur akhir pekan.
“Angka ini mencerminkan tingginya kepercayaan masyarakat terhadap layanan. KAI yang terus kami tingkatkan. Kereta api kini menjadi pilihan utama karena menawarkan moda transportasi yang aman, nyaman, dan tepat waktu. KAI Daop 4 akan terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik demi memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan,” kata Franoto.
Adapun stasiun dengan volume keberangkatan KA Jarak Jauh terbanyak adalah Stasiun Semarang Poncol dengan jumlah 153.542 penumpang, disusul Stasiun Semarang Tawang sebanyak 149.272 penumpang, Stasiun Tegal 80.833 penumpang, Stasiun Pekalongan 64.180 penumpang, Stasiun Pemalang sebanyak 30.996 penumpang, dan Stasiun Cepu sebanyak 25.766 penumpang, dan Stasiun Weleri 20.279 penumpang
Sementara itu, untuk layanan KA Lokal, Stasiun Semarang Tawang mencatat keberangkatan tertinggi dengan 35.713 penumpang, diikuti Stasiun Ngrombo 14.416 penumpang, Stasiun Semarang Poncol 12.304 penumpang, Stasiun Cepu 3.408 penumpang, dan Stasiun Alastua 3.118 penumpang.
Jumlah volume ini menunjukkan bahwa transportasi kereta api masih menjadi pilihan utama bagi masyarakat untuk perjalanan antarkota dan regional. Franoto menyatakan bahwa kepercayaan masyarakat terhadap layanan KAI terus meningkat karena peningkatan kualitas layanan, fasilitas yang ramah pelanggan, dan kemudahan akses melalui layanan digital seperti aplikasi Access by KAI.
“KAI Daop 4 Semarang memandang bahwa volume pelanggan yang tinggi merupakan bagian dari transformasi ekosistem mobilitas yang lebih berkelanjutan. Dengan tingginya jumlah penumpang KA Jarak Jauh dan Lokal, ada kontribusi langsung terhadap penguatan sektor-sektor pendukung lainnya seperti pariwisata, perdagangan, dan ekonomi lokal di sekitar stasiun,” tuturnya.
Sebagai bagian dari komitmen jangka panjang, KAI Daop 4 terus memperkuat kolaborasi dengan pemerintah pusat dan daerah, termasuk integrasi layanan antarmoda dan peningkatan pelayanan di stasiun. Selain itu, perusahaan juga aktif mendorong digitalisasi layanan, peningkatan aspek keselamatan dan keamanan, serta mendukung terciptanya sistem transportasi publik yang ramah lingkungan.
Tidak ada komentar