x

KAI Wisata Siap Layani Penumpang Kereta Wisata di Masa Natal dan Tahun Baru 2025/2026

waktu baca 2 menit
Selasa, 9 Des 2025 19:40 3 Yunita

TODAYNEWS.ID – PT Kereta Api Pariwisata (KAI Wisata) memastikan kesiapan operasional dalam melayani pelanggan selama periode Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2025/2026, yang berlangsung mulai 18 Desember 2025 hingga 4 Januari 2026 mendatang.

Melalui layanan Kereta Wisata, KAI Wisata menargetkan peningkatan minat perjalanan wisata berbasis kereta api di berbagai rute unggulan.

Direktur Utama KAI Wisata Hendy Helmy mengatakan KAI Wisata siap melayani pelanggan selama masa Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2025/2026 dengan peningkatan layanan, ketersediaan armada, serta kesiapan operasional di seluruh lini.

“Momen libur akhir tahun selalu menjadi waktu favorit masyarakat untuk bepergian bersama keluarga sehingga kami memastikan layanan Kereta Wisata siap melayani dengan aman, nyaman, dan berkelas,” kata Hendy, Selasa (9/12/2025).

Pada periode Angkutan Nataru yang berlangsung 18 Desember 2025 hingga 4 Januari 2026 mendatang, KAI Wisata menjalankan 32 perjalanan Kereta Wisata Pola FIT yang terdiri dari berbagai tipe yaitu kereta Priority, Imperial, dan Panoramic dengan kapasitas maksimal 1.152 penumpang per hari.

Estimasi puncak lonjakan penumpang diperkirakan terjadi pada 24 Desember 2025 serta 2 Januari 2026.

Selain pola FIT, KAI Wisata juga mencatat 18 pemesanan perjalanan charter hingga saat ini dan diprediksi terus bertambah mendekati masa libur. Layanan pola charter terdiri dari berbagai jenis armada:
• Kereta Istimewa
• Kereta Priority
• Kereta Imperial
• Kereta Panoramic
• Kereta Tematik Bali, Sumatera, dan Toraja.

Untuk perjalanan FIT, daftar lengkap KA wisata yang beroperasi pada masa Nataru mencakup:
• Priority: Senja Utama YK, Fajar Utama YK, Taksaka Tambahan, Pandulang Priority, Parahyangan Priority, Manahan Priority, Sembrani Tambahan, Gajayana Tambahan, dan lainnya.
• Imperial: KA Tambahan GMR–YK dan YK–GMR.
• Panoramic: Argo Wilis, Turangga, Pangandaran, dan berbagai relasi lainnya (total 12 perjalanan).

Dengan tersedianya ragam pilihan ini, KAI Wisata menargetkan okupansi 60–100% untuk seluruh perjalanan.

“Kami optimis layanan Kereta Wisata tetap menjadi pilihan utama masyarakat yang ingin mendapatkan pengalaman perjalanan berbeda selama libur Nataru,” ujarnya.

Untuk menjaga kenyamanan pelanggan, seluruh layanan unggulan KAI Wisata seperti Luxury Lounge, Shower & Locker, Rail Transit, serta E-Porter di berbagai stasiun juga disiagakan sepenuhnya.

“Kami ingin memberikan pengalaman menyeluruh, bukan sekadar perjalanan,” tuturnya.

KAI Wisata dalam memberikan pengalaman perjalanan berstandar tinggi berkomitmen menyambut masa liburan ini dengan pelayanan terbaik, peningkatan fasilitas, serta kesiapsiagaan penuh di seluruh titik operasional dan berharap seluruh pelanggan dapat menikmati momentum liburan akhir tahun dengan aman dan menyenangkan.

Pilkada & Pilpres

INSTAGRAM

5 minutes ago
2 hours ago
2 hours ago
24 hours ago

LAINNYA
x
x