Fajar/Rian Buktikan Juara Malaysia Open 2023

0

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berhasil menjuarai Malaysia Open 2023. Mereka mengalahkan wakil Tiongkok, Liang Wei Keng/Wang Chang, 21-18, 18-21, dan 21-13 dalam laga final ganda putra Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (15/1).

Menyajikan Fakta, Melengkapi Informasi

JAKARTA – Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berhasil menjuarai Malaysia Open 2023. Mereka mengalahkan wakil Tiongkok, Liang Wei Keng/Wang Chang, 21-18, 18-21, dan 21-13 dalam laga final ganda putra Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (15/1).

Kemenangan itu juga membuat Fajar/Rian membalas kekalahan dari lawan yang menyingkirkan mereka di perempat final Japan Open 2022 lalu. Gelar Malaysia Open 2023 juga menjadi titel perdana Fajar/Rian tahun ini sekaligus menjadi yang pertama sebagai pasangan nomor satu dunia. Gelar Malaysia Open 2023 semakin terasa spesial bagi Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto karena merupakan gelar perdana mereka di turnamen BWF World Tour Super 1000.

Keberhasilan Fajar/Rian menjuarai Malaysia Open 2023 juga membuat mereka mengukir rekor. Fajar/Rian menjadi pasangan ganda putra pertama yang setidaknya mampu menjuarai turnamen level Super 300, 500, 750, dan terbaru 1000. Tahun lalu Fajar/Rian sukses menjadi juara di empat turnamen BWF World Tour yaitu Swiss Open (Super 300), Indonesia Masters (Super 500), Malaysia Masters (Super 500), dan Denmark Open (Super 750).

Dari jalannya pertandingan final, Fajar/Rian memegang kendali permainan di gim pertama. Meski terjadi kejar-mengejar poin pada awal gim, namun Fajar/Rian bisa mendominasi permainan sebelum jeda interval dengan skor 11-7 lewat perolehan lima poin beruntun. Ganda Indonesia semakin agresif menyusun serangan ke Liang/Wang di interval kedua. Walau memimpin, Fajar/Rian masih dibayangi lawannya yang berusaha mengejar.

Saat unggul 20-14, Fajar/Rian sempat kehilangan fokus dan memberi Liang/Wang peluang untuk mengejar sebanyak empat poin. Beruntung Rian dapat mematikan pukulan Wang yang datang dari depan net dan memastikan kemenangan gim pertama 21-18 .

Gim kedua Fajar/Rian kesulitan untuk mengembangkan pola seperti sebelumnya. Fajar/Rian hanya sempat memimpin saat jeda interval dengan skor 11-8 dan 12-10. Namun setelahnya, mereka kembali tertinggal hingga gim kedua berakhir dengan skor 18-21. Gim poin yang imbang memaksa kedua pasangan memainkan gim penentu.

Fajar/Rian kembali menemukan momentum saat kembali pada posisi lapangan seperti awal pertandingan. Secara cepat Fajar/Rian memimpin jalannya pertandingan gim ketiga dengan skor 11-9. Meski sudah di atas angin, Fajar/Rian tetap fokus dan enggan terburu-buru mematikan pukulan lawan. Hingga akhirnya hasil manis dibuahkan Fajar/Rian pada menit ke-67 dengan skor akhir 21-13.

Di final nomor lainya, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong mengalahkan Yuta Watanabe/Arisha Higashino dua gim langsung 21-19 dan 21-11. Chen Qing Chen/Jia Yifan menang atas Baek Ha Na/Lee Yu Lim 21-16 dan 21-10 di final ganda putri.

Sementara itu, Akane Yamaguchi menang atas An Se Young di final tunggal putra 12-21, 21-19, dan 21-11. Pada nomor tunggal putra, Viktor Axelsen menang atas Kodai Naraoka 21-6 dan 21-15.

India Open

Ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti mundur dari turnamen bulu tangkis Super 750 India Open 2023 yang akan berlangsung 17-22 Januari karena Siti cedera. Dia mengalami cedera pergelangan kaki kanan karena salah mengantisipasi gerakan saat akan mengembalikan shuttlecock dari pasangan Tiongkok Chen Qing Chen/Jia Yi Fan di semifinal Malaysia Open 2023 di Kuala Lumpur, Sabtu.

Kondisi tersebut memaksa Apriyani/Fadia mundur saat kedudukan 0-2 pada gim kedua setelah kalah 9-21 dalam gim pertama.

“Ya, Apri/Siti batal tampil di India Open,” ungkap pelatih ganda putri Indonesia Eng Hian dalam keterangan tertulis PBSI.

“Siti jangan patah semangat. Cedera ini bukan akhir segalanya. Masih banyak kesempatan dan turnamen lain. Saya minta Siti tetap semangat biar segera sembuh,” sambungnya.

Dukungan juga datang dari Apriyani yang berharap rekannya itu tidak sampai kehilangan semangat memulihkan diri dan menatap turnamen-turnamen berikutnya. Menurut tim medis PBSI, Siti akan menjalani MRI di Jakarta untuk mengetahui tingkat keparahan cedera yang dialami. (mak/afp)

About The Author

Menyajikan Fakta, Melengkapi Informasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *