JAKARTA – Bahwa masyarakat haus akan tontonan berkualitas usai pandemi tidak bisa dipungkiri. Lihat saja pelaksanaan “The Finals” Livin by Mandiri Indonesia 3X3 Tournament 2022. Pada partai puncak yang digelar di Cilandak Town Square (Citos) 26-27 November itu, para pengunjung mall yang melintas selalu menyiapkan waktu khusus untuk menonton pertandingan seru turnamen bolabasket 3×3 kelompok umur U-18 dan U-23 tersebut.

“Ini kegiatan yang sangat bagus. Berguna bagi anak-anak muda. Ini pertama kali saya lihat ada turnamen basket 3×3 saat berkunjung di Citos. Saya berharap kegiatan seperti ini bisa diselenggarakan di mana-mana karena bagus untuk ekosistem bolabasket 3×3,” jelas Camille Benedetto dari Perancis yang sedang mencari makan siang di Citos bersama keluarga.

Para peserta “The Finals” memang layak menyita perhatian publik. Mereka adalah 32 tim terbaik dari masing-masing provinsi yang disinggahi turnamen bikinan Supersport Sensation (SSS) International bekerja sama dengan PP PERBASI dan disponsori oleh Bank Mandiri tersebut.Perjuangan mereka ke “The Finals” berawal dari penyisihan kota yang diputar di Jakarta pada 17 Maret lalu.

Kemudian bergeser ke Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Total turnamen edisi perdana ini diramaikan 3.231 atlet dari 839 tim di Indonesia. Pada edisi perdana ini, didapatkan juara untuk U-18 Putri, SMA Tritunggal A usai kalahkan SMAN 3 Cibinong 13-9.

Kemudian SMAN 116 menjadi juara usai taklukkan SMA Al Ma’ruf A dengan kedudukan 18-16.Selanjutnya untuk kategori U-23 Putri, Net Rippers menjadi yang terbaik setelah kandaskan perlawanan Tim Mawar dengan skor 11-9. Adapun kategori U-23 Putra, Kota Bandung juara setelah tundukkan Lavish A 18-16.Kayla Fakhira, pemain dari SMAN 3 Cibinong mengaku sangat senang dengan turnamen ini.

Apalagi selama di “The Finals” semua fasilitas disiapkan oleh panitia penyelenggara. Mulai dari penginapan, akomodasi, dan makan.

“Fasilitas ini sangat membantu. Jauh dari Bogor. Jadi kalau dikasih penginapan di Jakarta bagus. Fasilitas yang diberikan oke, sangat membantu. Pertemuan dengan tim-tim dari daerah lain juga membuat saya menambah teman. Kami bisa kenalan dan ngobrol juga,” ujar Kayla.

Bank Mandiri, selaku sponsor utama dari turnamen ini mengaku, bangga atas terlaksananya kegiatan ini hingga akhirnya mendapatkan sang juara nasional di masing-masing kategori. Diwakili Vice President KC Jakarta Fatmawati Dini Erlinda, Bank Mandiri menegaskan akan selalu support setiap kegiatan anak bangsa, terutama bolabasket.

“Saya bangga berada di sini, di tengah anak-anak muda hebat Indonesia. Pastinya Bank Mandiri akan siap support untuk setiap aktifitas kegiatan anak Indonesia. Setelah perjalanan panjang beberapa bulan, Mandiri senang support kegiatan ini bahkan nanti kalau perlu ke luar negeri,” terang Dini.

Direktur PT SSS International Azwan Karim mengatakan, potensi mencari pengalaman bertanding ke luar negeri sangat terbuka. Tapi kesempatan itu bukan rangkaian dari pelaksanaan tahun ini melainkan seri tahun depan.

“Tahun depan, setelah melakukan pembicaraan bahwa 2023 akan kita gelar lagi. Jadi harus latihan keras lagi dengan begitu tahun depan bisa lebih diperlihatkan lagi. Bahkan ada kemungkinan kita akan ikut challenger di Asia Tenggara, Asia atau bahkan di ajang internasional, seperti ke Eropa. Ini karena kita ingin parameter tidak hanya di Indonesia tapi juga ingin tahu level kita dimana,” jelas Azwan.

Karena program ini untuk membantu PP PERBASI menyiapkan talenta-talenta muda, Azwan melibatkan tim pencari bakat (talent scouting). Sehingga bakat yang ditemukan juga akan terpantau oleh federasi yang bertanggung jawab terhadap basket nasional.

“Untuk season depan yang akan dimulai Februari, kami akan coba laksanakan di luar Jawa. Ada Bali dan Sumatera masuk nominasi. Kami ingin membantu menyajikan pemain potensial hingga ke daerah,” jelas Azwan.

Mochammad Reza, Event Manager Togo, mengapresiasi terselenggaranya turnamen basket 3×3 ini. Rencana menggelar Livin by Mandiri Indonesia 3X3 Tournament sampai ke luar Jawa disambut baik.

“Kami senang menjadi bagian dari kegiatan ini karena sesuai dengan market Togo untuk anak muda yang aktif. Ke depan kami sangat senang jika jangakauan kegiatan bisa diperluas lagi. Tidak hanya di Jawa. Ini sesuai dengan misi Togo yang menjangkau semua masyarakat di Indonesia,” jelas Reza.(*)

About The Author

Menyajikan Fakta, Melengkapi Informasi