Arab Saudi Memperkuat Kerja Sama Ekonomi Antarnegara Anggota Lewat Aliansi Dagang BRICS+

0

“Grup BRICS+ merupakan saluran yang bermanfaat dan krusial untuk memperkuat kerja sama ekonomi antar negara anggota,” ungkap Pangeran Faisal bin Farhan.

Menyajikan Fakta, Melengkapi Informasi

Todaynews.id, Internasional – Arab Saudi secara resmi mengumumkan bahwa mereka telah bergabung dengan aliansi dagang BRICS+. Hal ini terjadi saat grup itu sedang melakukan ekspansi di tengah tekanan Barat terhadap salah satu anggotanya, Rusia.

Aliansi tersebut, yang hingga 1 Januari beranggotakan Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan, menyambut lima anggota baru pada Hari Tahun Baru. Selain Arab Saudi, kini BRICS+ mencakup Mesir, Ethiopia, Iran, dan Uni Emirat Arab. Negara Amerika Latin, Venezuela juga dikabarkan akan bergabung.

Arab Saudi secara resmi menyatakan bergabung dengan grup aliansi dagang BRICS dan kabar itu ditayangkan televisi pemerintah, pada Selasa (2/1/24).

Menteri Luar Negeri (Menlu) Arab Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan menuturkan, pada bulan Agustus 2023 lalu seluruh rincian perihal langkah dimaksud akan dikaji sebelum keputusan yang tepat ditentukan.

“Grup BRICS+ merupakan saluran yang bermanfaat dan krusial untuk memperkuat kerja sama ekonomi antar negara anggota,” ungkap Pangeran Faisal bin Farhan.

Perlu diketahui di 2024 ini Rusia menjabat sebagai presiden bergilir BRICS+. Presiden Vladimir Putin berjanji untuk “memfasilitasi integrasi yang harmonis” dari mitra-mitra baru.

“Saat itu, Menteri Luar Negeri mengatakan kelompok BRICS adalah saluran yang bermanfaat dan penting untuk memperkuat kerja sama ekonomi antar negara anggota. Sekitar 30 negara lain telah menyatakan niat mereka untuk berpartisipasi dalam kegiatan kelompok tersebut dalam berbagai bentuk,” kata Putin di media resmi Rusia, Russia Today (RT), Rabu (3/1/2024).

Kelompok ini diprediksi akan berkembang lebih besar pada akhir tahun ini, dengan Venezuela berusaha sebagai di anggota tetap pada pertemuan puncak berikutnya di Rusia pada Oktober 2024. (mak/reuters)

Dengan bergabungnya Arab Saudi, sebuah negara yang sebelumnya merupakan sekutu penting AS, ke dalam BRICS+, akan ada gejolak besar dalam politik dan ekonomi global.

Pengumuman resmi Arab Saudi bergabung dengan BRICS+ telah menciptakan suasana yang penuh ketegangan dan antisipasi.

Selain merangsang pertanyaan besar tentang arah geopolitik global, ini juga menciptakan debat tentang dampak ekonomi jangka panjang yang akan dirasakan oleh semua negara di dunia. (sat/reuters)

Caption  : Guncangan Ekonomi Global! Arab Saudi Resmi Bergabung dengan BRICS+. Foto : Istimewa

About The Author

Menyajikan Fakta, Melengkapi Informasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *